Pendapat Para Ulama tentang FPI

Mari kita cermati berbagai komentar ulama mengenai FPI dan Habib Rizieq selaku FPI. Para ulama berikut adalah para ulama yang istiqomah dalam beribadah dan berdakwah yang mengenal dengan baik sosok Habib Rizieq Syihab yang kontroversial di kalangan masyarakat.

1.Ustadz Muhammad Arifin Ilham (Pimpinan Majelis Dzikir Adzikra)

“FPI dalam tubuh umat Islam Indonesia laksana tangan, inilah dakwah termulia, sebagaimana Rasulullah mengajarkan, bila kalian melihat kemungkaran maka perbaikilah dgn tangan kalian, kalau tdk mampu maka dgn lisan kalian, kalau tidak mampu maka dgn hati kalian, itulah selemah-lemahnya iman”.
“Saya mendukung perjuangan FPI, FPI hadir melindungi umat dari keganasan hama maksiat dan perjudian di negeri ini kalau tidak ada FPI siapalagi yang bisa di harapkan dapat berjuang menutup tempat maksiat. Seharusnya pemerintah Indonesia berterima kasih terhadap Front Pembela Islam (FPI) karena tegas dalam menangani berbagai kemungkaran”
Ustadz Arifin mengatakan, selama ini pemberitaan seputar FPI jauh dari kebenaran dan itu semua didukung oleh media sekuler. “Media sekuler sangat jahat, setiap kasus umat Islam selalu yang ditanya orang-orang fasik, munafik, dan kafir,” tegas Ustadz Arifin. “Saya Muhammad Arifin Ilham mencintai Habib Rizieq Syihab dengan segala konsekwensi… Teruslah duhai Habib yg Mulia berdakwah dan berjihad. Ya ALLAH kumpulkanlah kami bersama hamba-hamba yg mencintaiMu dan yang berjuang dijalanMu… aamiin. ALLAHU AKBAR. Sebarkan ini sahabatku tercinta fillah.”
2. Almarhum KH. Zainuddin MZ (Da’i sejuta umat)
 “Dengan segala ketulusan hati Saya sangat bersyukur adanya FPI dan Habib Rizieq. Kita Perlu. Saya Ma’muman saja sama beliau (Habib Rizieq).” Berikut doa dari almarhum yang beliau panjatkan untuk Habib Rizieq Syihab saat ceramah terakhir bersama FPI dimarkas Petamburan, Jakarta: “Kita doakan beliau (Habib Rizieq) panjang umur, diberikan kekuatan dhohir dan bathin. Dapat membawa Ummat menuju jalan yang diridhohi Allah. Aamiin…”
3. KH. Abdul Rasyid Abdullah Syafi’ie (Pimpinan Umum Perguruan As-Syafi’iyah)
“Kami mengajak segenap umat Islam dan organisasi yg berbasis Islam untuk mendukung keberadaan dan perjuangan FPI, karena kami menilai FPI sangat konkrit dan konsisten dalam memperjuangkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Kami mengajak seluruh umat Islam untuk bersimpati thd perjuangan FPI, terus mewaspadai dan tdk terpengaruh provokasi gerombolan Jaringan Islam Liberal (JIL) yg selalu mendiskreditkan dan mengadu domba FPI dgn kelompok anak bangsa lainnya.”
4. Almarhum Habib Mundzir bin Fuad Almusawwa (Pimpinan Majelis Rasulullah SAW)
“Sebenarnya FPI bukan gerakan garis keras, namun lebih tepat disebut gerakan garis tegas. Saya berbeda cara dgn Habib Rizieq, tapi kita berjumpa, berpelukan, bercanda, dan saling dukung, maka tak ada kendala apa-apa dlm perbedaan kita. Umat yg senang dgn ketegasan maka mereka menemukan gurunya, dan umat yg suka kelembutan mereka temukan gurunya pula. Maka umat ini tak kemana-mana, masih dlm naungan para Kyai dan Habaib.”
 
5. KH. Cholil Ridwan (Ketua MUI Pusat)
“Selama ini masyarakat hanya melihat akibat dari apa yang dilakukan FPI saja, FPI merupakan organisasi yang penuh tanggung jawab, kalau penegak hukum bisa memberantas ajaran sesat seperti Ahmadiyah dan tindakan yang melanggar ajaran islam lainnya, tentu FPI tidak akan bertindak seperti sekarang.”
6. KH. Hasyim Muzadi (Ulama NU)
“FPI Adalah ormas Islam terpopuler di seluruh dunia, FPI lebih jelas NKRI-nya, Saya mendukung perjuangan FPI dalam memberantas kemaksiatan dan Aliran sesat di Indonesia.”
KH. Hasyim Muzadi mengatakan, Secara idiologi FPI sama dengan NU. Tauhidnya menggunakan Al-Asy’ari dan Al-Maturidi; syariah-fiqih juga menggunakan empat mahzab dan lebih banyak di pakai Imam Syafi’i; tasawufnya juga menggunakan Imam Ghozali dan Imam Junaidi Albaghdadi dan sebagainya yang sama di pakai NU.
Menyikapi soal sweping, KH. Hasyim Muzadi mengatakan :”Tindakan FPI sudah tepat sebab miras, pelacuran itu melanggar KUHP.” Di sisi lain FPI pun sudah melakukan laporan kepada penegak hukum setempat tetapi dihiraukan. Dari sisi lain pun pengaduan masyarakat setempat yang sudah muak dengan kemaksiatan. “FPI itu sangat Cinta NKRI, kita dapat lihat dari pemikiran syariatnya yang selalu dituangkan dalam bingkai NKRI” tegas KH. Hasyim Muzadi.
 
7. Dr. Salim Segaf Aljufri (Menteri Sosial era Presiden SBY) 
“FPI Semakin Diterima Masyarakat, dalam perjalanannya FPI sudah semakin kokoh. Insya Allah FPI semakin kokoh, ibarat pohon kalau sudah 15 tahun itu sudah mengakar kemana-mana,”
“FPI semakin hari semakin bagus, semakin meningkat dan semakin diterima masyarakat. Saya yakin kedepan FPI bisa melakukan yang terbaik buat bangsa dan negara,” ujar Dr. Salim Segaf.
Dalam kegiatan sosial, Dr. Salim Segaf mengapresiasi kontribusi FPI selama ini. “Saya pernah mengunjungi Habib Rizieq dan kawan-kawan FPI ketika bencana tsunami Aceh, saya salut kepada FPI yang telah mengevakuasi puluhan ribu mayat ketika itu,” ujar Mentri Sosial.
“Saat bencana Tsunami Aceh saya bertemu Habib Rizieq, ternyata beliau dan laskar FPI itu tinggal di kuburan dengan mendirikan tenda-tenda bukan di hotel. Habib Rizieq memimpin laskar untuk mengevakuasi mayat selama 4 bulan, Subhanallah inilah yang FPI lakukan. Bayangkan, tinggal di kuburan, kita semalam aja udah takut, ini 4 bulan,”
Selain itu, menteri sosial berpesan agar sesama umat Islam harus saling mengasihi agar mendapatkan pertolongan Allah. “Pertolongan Allah tergantung kita, maka berkasih sayanglah sesama kita agar pantas mendapatkan pertolonganNya,” pesannya. “Insyaallah kita akan terus bergandengan tangan dengan teman-teman FPI menuju negeri yang Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur,” tutup menteri sosial.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s